Senin, 22 Desember 2014

Doi, Nyokap Gue.



Namanya ibu Marwiyah, anak terakhir dari sebelas bersaudara dari pasangan Abang None Batavia pada tahun....entahlah tahun berapa. yang jelas, pada masa itu orang-orang masih bisa tiduran dijalanan tanpa khawatir bakal mati kelindes mobil. Ya kalopun kelindes palingan Cuma kelindes delman, efek kelindes delman mah gak parah-parah banget. Waktu masih kecil aja kaki gue pernah sekali kelindes delman, dan Cuma bengkak doang, tapi segede jerawat tyranosaurus. Gue baru sadar sih, kalo ternyata delman yang ngelindes kaki gue lagi bawa tentara 3 batalyon. Pantes aja bengkak gede banget.


Balik lagi ke Jerawat Tyranosaurus, eh maksud gue ke pasangan Abang None Batavia, yaitu kakek sama nenek gue. Orang tua dari Ibu Marwiyah tadi, dua orang yang berjasa besar dalam kerjasama yang apik sehingga bisa menghasilkan wanita yang akhirnya akan gue panggil dengan sebutan 'Mama', ya, wanita itu nyokap gue.


Dimata gue, Nyokap adalah sosok orang yang lucu, tapi sekaligus ngeselin, gimana gak ngeselin? Nyokap tuh seneng banget nonton TV, dan dia selalu komentar setiap pembawa acaranya bilang sesuatu. Kayak waktu itu, gue lagi nonton acara horror disalah satu stasiun tv swasta, inisialnya Trans7. Menjelang iklan si pembawa acara bilang : “Jangan kemana-mana, tetap di Dua Dunia.”, eh terus nyokap gue ngejawab, “Ya, emang mau kemana sih, udah malem. Gue juga males kemana-mana!”, heuh. Ngeselin kan?! Kalo aja doi bukan nyokap gue, pasti ubun-ubunnya udah gue sentil pake palu ketok magic.


Nyokap gue juga seneng banget ketawa. Dan kalo udah ketawa, suaranya pasti kenceng banget, ngalahin Toa Mushola. Iya, setiap ada hal yang menurut dia lucu sedikit pasti dia ngakak. Denger Si wakwaw dikatain ‘pentil capi’ sama Malih (di Film Emak ijah kaga naik-naik haji) aja dia ngakak, ngeliat Saipul Jamil dibekam ginjalnya dia ketawa, sampe pas liat gosip perseteruan antara Anang dan Krisdayati berebut hak pemakaian lipstik aja dia ketawa ngakak. Pokoknya nyokap gue ini selera ketawanya itu besar banget. Dia gak ketawa paling Cuma pas lagi tidur atau gak, pas lagi keramasan terus tiba-tiba air kerannya mati. Kalo itu dia gak bakalan ketawa, yang ada malahan dia nyewa satpol PP buat bongkar paksa galian pompa air di rumah gue.


Buat gue, selain hal diatas (Lucu dan Ngeselin), nyokap adalah sosok cewek yang kuat, kuat disini bukan dia mampu ngancurin astor Cuma dengan tatapan mata, bukaan. Tapi kuat dalam artian tegar. Sabar ngehadepin sesuatu dan gak gampang ngeluh.


Yap, setelah meninggalnya bokap pada awal Januari 2013, gue yang posisinya waktu itu belum punya kerjaan, ditambah dengan 2 adik laki-laki gue yang lain. Yang juga gak kerja. Dia tetep berusaha buat nyari uang untuk mengebulkan dapur di rumah, dengan cara ngebuka usaha warung kecil dibekas kamar gue yang udah dijadiin gudang. Yang alhamdulillah, meskipun penghasilan warung yang gak seberapa ini, tapi tetep mampu menuhin perut-perut yang butuh nasi di dalem keluarga gue. Keren.


Sampai akhirnya, dia jatuh sakit. Sakit yang gak bisa disebut penyakit ringan. Yaitu kanker rahim. Gue sekeluarga shock. tapi nyokap gue tetep nyantai, waktu dibilang dokter rahimnya mesti diangkat aja nyokap gue malah bercandain si Dokter. “Yaudah Dok, diangkat aja daripada malah jadi penyakit buat saya, lagian saya mau hamil lagi sama siapa? Suaminya kaga.”
nyokap sakit


Sekitar bulan Maret lalu, nyokap gue operasi pengangkatan rahim, dan yang gue salutnya, 3 hari setelah operasi, dan badan nyokap udah ngerasa baikan dan bisa bangun sendiri. Menjelang pulang, dia jalan bawa inpusan yang masih nempel ditangannya, nyamperin meja suster dan minta dicabut disitu. Susternya aja sampe bilang “Lah, Ibu Marwiyah, udah dikamar aja nanti kita yang kesana.”. nyokap gue Cuma jawab sambil ketawa “hehe udah biarin Sus, cabut disini aja, saya udah kaga betah ada jarum nempel ditangan.” Suster yang ada disitu pun ikut ketawa. (ini asli, gue gak boong)


Setelah operasi itu, gue minta sama nyokap buat gak usah jaga warung lagi, takut kecapean. Dan kebetulan sekarang gue juga udah kerja. Karena menurut gue, penghasilan gue yang meskipun gak seberapa, ditambah dengan 2 pintu kontrakan yang gue punya plus gaji pensiun bokap, masih cukup buat menuhin biaya hidup keluarga sehari-hari,


“lagian buat ngisi perut 4 orang doang mah uang segini cukup kok, kecuali keluarga gue melihara Mister Boo dirumah, baru dah kaga cukup.” Pikir gue.


Sekarang gue udah harus bagi tugas sama nyokap. nyokap ngurusin keperluan-keperluan rumah, kayak masak, nyuci, nyapu dan ngerakit bom atom. Biar gue yang nyari sesuap nasi dan segenggam batu cincin kalimaya.


Ngeliat nyokap gue ketawa ngakak di depan tivi aja udah bikin gue cukup seneng, adik-adik gue yang meskipun sering nyusahin dan banyak maunya ini sehat walafiat juga udah cukup bikin bahagia kecil buat gue pribadi. 

Doa gue, Semoga gue masih diberi kesehatan dan kekuatan yang cukup buat ngidupin keluarga kecil gue ini sampai nanti, sampai Tuhan bilang “udah Ky, cukup.”



Oia kadang gue suka iseng becandain nyokap dengan ngomong kek gini.


“Ketawa mulu lo Ma! Jemuran Nasi udah diangkat apa belom?!”


Eh nyokap jawab dengan selo.


“Kalo hidup kita udah susah, ngapain dibikin tambah susah, mending diketawain aja.”


“Yeuh!”


Gue jawab pake muka sinis, padahal dalem hati gue senyum, gengsi lah.


Hhe.

...


Di tanggal 22 Desember 2014 ini, sekaligus memperingati hari ibu gue Cuma mau bilang.


“Mak, meskipun Mama sering ngeselin, tapi percaya atau enggak, Ky sayang sama Mama, padahal pengennya sih bilang langsung, yatapiii... gengsi lah.”





SELAMAT HARI IBU

40 komentar:

  1. jujur aja gue salut sama lw bg.
    Susah banget untuk gantiin posisi ayah dalam keluarga. Walaupun gak sempurna, gue yakin kekosongan itu mulai terisi dengan keberadaan lw diantara ibu dan adik2 lw...
    :-)

    BalasHapus
  2. Keren bang. Salut sama mamanya abang iki (elah aneh banget "bang iki")
    Super hero aja kalah dah sama yang namanya "ibu" Hulk aja belum tentu bisa masak nasi sama jemur pakean. Tangannya kegedean.
    Btw, tulisannya keren bang. Gue suka banget sama cara nulis lo. Mantap !

    BalasHapus
    Balasan
    1. aa iqy bukan abang :(

      Lah iya hulk mah nepok nyamuk dijidat aja gabisa, sekali tepok pingsan 5 hari.

      btw tengkyu ya gung. :)

      Hapus
    2. aa iqy. Kok rasanya geli-geli menjijikan gitu ya :( hahaha

      Oke aa iqy, sama-sama. Tetap keren ya !

      Hapus
  3. Kita senasib ki.
    Hmm, sekarang itu nyokap adalah harta yang paling berharga dalam hidup gue,

    Selamat hari ibu ya :)

    BalasHapus
    Balasan

    1. semoga lo sama gue bisa terus ngejaga harta berharga itu Ju.

      :")

      Hapus
  4. Mama nya super keren :')
    Pasti awet muda deh karna sering ketawa gitu :D
    tetap semangat ya bang Ky :)

    BalasHapus
  5. Udahah gak mau bahas nyokap lo. Gur ngga yahu musti komen apa. :))
    Btw, adek lo ada umur berapa emang kay?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gur juga ngga yahu musti jawab apa :((

      adek gue yang pertama umur 22, yang ke dua 15 Di.

      kenapa tah?

      Hapus
  6. mama emang super hero banget :')

    BalasHapus
  7. gue lemah kalo baca cerita atau sesuatu apapun tentang nyokap..
    jangan gengsi dong bang.. gue aja nggak malu meluk nyokap... :)
    bener tuh kata nyokap lu bang, hidup udah susah, ketawain aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. :))

      hehe bukan gengsi sih, masalahnya kalo gue peluk ntar malah diketawain terus dibilang "Lah, ngapa luh, tumben meluk, mau minta duit nih pasti." gitu hhe

      :D

      Hapus
  8. Salut gue sama Nyokap lo bang. :)
    Adek lo ada yg seumuran sama gue ya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. :)

      emang lo berapa taun?

      tapi adek gue 'beda' ham. hhe.

      Hapus
  9. aa iqy, kata lo kan yang mau tukeran link blog bisa komentar dipostingan blog gue, yaudah gue komentar dipostingan yang satu ini :v /
    link blog lu udah kepasang diblog gue. bisa dicheck di >> http://bursterzer.blogspot.com/2014/12/blogwalking.html

    pasang juga link blog gue ya? sampein juga salam gue ke emak lo!
    btw, salam kenal aa :'v

    BalasHapus
  10. Juga jadi teringat mama. Mama satu satunya orang yang buat aku kuat dan bertahan sampe sekarang. Kalo mama gadak, gatau lagi deh gimana jadinya

    BalasHapus
  11. Setiap orang punya masalahnya masing2, masalah orang lain bisa jadi lebih berat dari masalah yg kita hadapi, tergantung dari mana kita melihatnya. Dengan cara lu yg tetap tegar menghadapi setiap masalah, gue salut banget! Eh, gue terlalu serius gak sih? hehe

    baru sempet mampir kesini lagi euy..

    BalasHapus
  12. Menghubungkan antara nyokap lu dan lu, sakarang gua bisa menyimpulkan kalo 'jiwa humor itu adalah keturunan'. Iya gak sih? Hahah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue lahir dikeluarga 'kang lawak' Ta, makanya anaknya jadi orang yang serius gini.

      serius becanda.

      Hapus
  13. Setuju sama tata diatas. Kayaknya bang iky sama nyokapnya sejiwa deh. Sama-sama lucu. Hehe.Hari ibu kan harusnya tiep hari kan yak. \:D/

    BalasHapus
    Balasan
    1. muehehe.

      iya hari ibu harusnya tiap hari, termasuk hari panca juga.

      eh gak lucu ya, yaudah de gapapa sekali-kali.

      :(

      Hapus
    2. Iya. kenapa har pancaaa.
      Hahaha.

      Eh bang, aku nomanisiin di Liebster Award ya. http://devafredeva.blogspot.com/2015/01/liebster-award-yuk.html
      Kalo berkenan bisa ikutan nggak? :')

      Hapus
  14. Ih. Baru pertama kali maen ke sini uda dibikin mewek ajah.. Huhuhu.. :'(

    Semoga Mama kamu diberikan kesembuhan yah. Aamiiin..
    *ngga kuat mau ngomen apa lagi*

    BalasHapus
  15. Udah lewat lama momennya gue baru baca.. tapi keren deh.

    Emak lo emang superwonderwoman.. suka selow.. suka ngakak.. dan semacam gak mau ambil pusing, menikmati hidup banget..

    Semoga selalu diberi kesehatan ya :)

    BalasHapus
  16. Wahai anak muda. Maafkan saya mencantumkanmu dalam Liebster ini. Semoga berkenan dijawab. *kemudian terbang*
    http://tirsme.com/2015/01/12/liebster-award-basi-angetin/

    BalasHapus
  17. *mendadak jadi kangen emak* Apalagi kalimat ini: "Kalo hidup kita udah susah, ngapain dibikin tambah susah, mending diketawain aja" emak gue juga pernah ngomong gitu. mungkinkah emak kita merupakan emak yang tertukar, terpisah jarak ruang dan waktu. :')

    BalasHapus
  18. Dan saya jadi kagen sama ibu marwiyah yang nyablak dan apa adanya itu :'D hahaha
    Salam yaaak!

    BalasHapus
  19. terharu bacanya :(
    semoga cepet sembuh iya ibu marwiyah ..

    BalasHapus
  20. Postingan lo, ngeri parah bang. kocak, tapi mengharukan. campur :3 berbakat banget :)

    semoga lo tetep jadi pahlawan keluarga, buat Ibu Marwiyah, semoga sehat-sehat aja ya :))

    BalasHapus
  21. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    BalasHapus

udah coba ngasih komentar?
rasanya asik loh.
coba aja.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...